Kerupuk Kelabang Khas Klangonan Gresik

      Desa Klangonan kecamatan Kebomas Gresik terkenal daerah pembuat kerupuk. Desa Klangonan terletak di dekat Makam Sunan Prapen yang kultur masyarakatnya masih sangat memegang budaya dan keagamaan yang tinggi. Selain kerupuk desa Klangonan juga terkenal dengan kerajinan logam mulai dari besi, almunium, perak hingga Emas. Yang ingin saya ceritakan disini adalah sebuah produk yang cukup unik berbentuk kelabang berjenis kerupuk. Saya sengaja berkunjung ke desa Klangonan untuk mengetahui proses pembuatan krupuk kelabang khas Klangonan.

      Di sebuah rumah seorang warga bernama Azizi yang berprofesi sebagai pengusaha krupuk di desanya saya banyak mendapat cerita tentang proses pembuatan kerupuk, khususnya kerupuk kelabang. Saya juga di ijinkan melihat langsung proses pembuatannya. Mulai dari mentah hingga menjadi krupuk yang siap di goring. Proses pembutannya sebnarnya sama dengan pembuatan krupuk jenis lain yang membedakan hanya pembentukan adonan kerupuk yang sudah lembek emnjadi bentuk kelabang. Saya sangat tertarik untuk langsung praktek membuat bentuk kelabang tersebut tapi apa yang terjadi GATOT alias gagal total he he… ternyata susah juga .
       setelah gagal belajar buat kerupuk akhirnya saya putuskan untuk lebih mengetahui sisi lain dari kerupuk kelabang dan juga pembuatnya. Menurut sodara Azizi kerupuk kelabang memang khas desa klangonan selain bentuk cita rasanya juga sangat khas. Permintaan pasar akan kerupuk kelabang sebenarnya sangat tinggi akan tetapi mas Azizi selalu tidak bisa memenuhi. Itu disebabkan karena terbatasnya SDM yang bisa membuat kerupuk kelabang secara manual dan juga kurangnya modal untuk membuat kerupuk kelabang.
      Masih menurut mas Azizi solusi untuk meningkatkan produksi krupuk kelabang ini diperlukan peran serta pemerintah dalam penyediaan teknologi mesin dan permodalan sehingga dengan adanya mesin produksi kerupuk kelabang bisa memenuhi pasar yang memang sangat tinggi permintaannya. Nah sekarang tinggal bagaimana PEMKAB Gresik untuk lebih peduli kepada UKM semacam mas Azizi ini. Semoga dengan adanya tulisan ini ada jalan keluar untuk kemajuan usaha kerupuk mas Azizi pada khususnya dan dunia UKM di Gresik pada umumnya. Semoga…..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bundaran GKB Gresik

Bupati Pertama Gresik

Tradisi Maulid Nabi Di Gresik