Masjid Jami’ Gresik


Gresik” sebuah kota yang identik dengan religi islam dengan salah satu julukannya yaitu Gresik kota santri. Bicara religi islam di Gresik ada sebuah ikon kota yaitu Masjid Jami’ Gresik, Jami’ berarti besar dengan pengertian bahwa sebagai Masjid yang berada di pusat pemerintahan kota dan biasanya berada di komplek Alon – Alon dan Kantor Pemerintahan sebuah kota. Dan dijadikan patokan kebijakan oleh masjid – masjid di sebuah kota termasuk Gresik. Tata letak kota semacam itu sudah ada sejak jaman penyebaran islam di Indonesia hingga saat ini karena memang Indonesia merupakan Negara dengan umat islam terbesar di dunia.
Majid Jami’ Gresik merupakan bagian dari tata letak kota yang sudah ada sejak masa awal penyebaran islam di Indonesia.
Masjid Jami’ Gresik salah satu ikon kota Gresik yang terletak di sebelah barat Alon – Alon Gresik yang merupakan Masjid terbesar di jamannya. Dan menjadi panutan kebijakan masjid – masjid yang ada di Gresik yang berkaitan dengan keagamaan misalnya penentuan 1 syawal dan sebagainya. Kalau bicara tentang Masjid Jami’ Gresik tentunya sangat banyak versi dan pendapat yang beredar dimasyarakat tergantung kita memandang dari sudut pandang yang mana. Kali ini saya ingin bercerita sekilas tentang Masjid Jami’ Gresik dari sudut pandang saya sendiri sebagai orang Gresik.

Fungsi Masjid Jami’ Gresik sebenarnya sama dengan masjid yang lain di kota Gresik yaitu tempat ibadah umat Islam terutama sholat berjama’ah. Ada sedikit yang membedakan fungsi dari Masjid Jami’ Gresik, yaitu sebagai rujukan kebijakan keagamaan bagi masjid – masjid yang lain karena dianggap sebagai Masjid yang dekat dengan pusat pemerintahan. Meski tidak semua masjid merujuk pada Masjid Jami’ Gresik tapi sebagian besar masih menganggap Masjid Jami’ Gresik sebagai masjid senior yang harus dipatuhi perintahnya. Perkembangan Masjid Jami’ Gresik dari masa ke masa mengalami perubahan yang sedikit lambat ini bisa dilihat dari pembangunan Masjid Jami’ Gresik yang justru banyak tertinggal dari masjid – masjid lainya di kota Gresik yang berlomba – lomba mempercantik diri. Bukan hanya itu dari sisi kegiatan keagamaan saya melihat kurang ada inovasi karena kebanyakan merupakan rutinitas tahunan yang di semua masjid juga ada. Mestinya sebagai masjid senior dan menjadi rujukan banyak masjid di kota Gresik harus bisa mengimprove diri untuk lebih maju dan berkembang sehingga bisa menggairahkan suasana keagamaan di kota Gresik tercinta ini.

Sebuah harapan muncul dari benak saya yaitu berharap bahwa Masjid Jami’ Gresik bisa menjadi ikon kota Gresik yang tentunya harus dilakukan sebuah tindakan perubahan kearah yang lebih baik. Sehingga sesuai  namanya yaitu Masjid Jami’ ( Besar ) Gresik yang secara arti bisa diartikan sebagai panutan bagi masjid – masjid yang lain di Gresik. Bukan malah sebaliknya seperti saat ini yang banyak ketinggalan dari sisi apapun. Memang sekarang sudah ada Masjid Agung Gresik yang lebih megah dan tentunya lebih mendapat support dana segar dari PEMKAB Gresik karena memang Masjid Agung Gresik di bangun bertujuan menjadi ikon Gresik juga. Saya masih punya keyakinan bahwa Masjid Jami’ Gresik akan bisa kembali ke masa jayanya dulu menjadi ikon kota Gresik yang menjadi panutan seperti masa – masa kecil saya dulu. Semoga…..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bundaran GKB Gresik

Bupati Pertama Gresik

Tradisi Maulid Nabi Di Gresik