Warung Cangkruk Kopi Gresik

Kopi , sebuah benda berwarna hitam legam jikalau di goreng dengan kuali munculah bau yang sangat menggoda kita dan…. Kemudian di DEPLOK atau DI GILING sampe halus dan… diseduh dengan air mendidih hmm…… “ TOMBO NGANTUK “ begitu orang Gresik menyebutnya. Itulah sekilas tentang yang namanya Kopi yang sangat popular di kota Gresik Tercinta. 


Kali ini saya ingin sedikit bercerita tentang Warung Kopi Di Gresik yang di singkat “WARKOP “. Langsung saja kawan he he… warung kopi sangat identik dengan kota Gresik mulai pinggiran sampai pusat kota dengan jarak yang saling berdekatan terdapat bangunan yang namanya WARUNG KOPI. Ini dikarenakan masyarakat Gresik sangat suka banget yang namanya NGOPI plus CANGKRUK plus Nggedabrus bahasa Gresik AN. Perkembangan Warung Kopi di Gresik dari Tahun ke tahun mengalami sebuah perubahan seiring perkembangan zaman. Dahulu di sebuah Warung Kopi tidak perlu menyediakan macam – macam atribut untuk menarik pelanggan. Cukup menyediakan tempat yang nyaman untuk cangkruk sajian jajanan yang sederhana untuk pengisi perut sebelum nyruput Kopi dan tentunya sajian utama yaitu secangkir kopi plus LEPEK NYA gitu aja dah laris manis tanjung kempol. Kemudian berkembang lagi dengan menyediakan surat kabar dan papan catur sebagai penarik konsumen. Sehingga konsumen betah berlama – lama cangkruk dengan menghabiskan lebih banyak duitnya. Perkembangan selanjutnya disediakan televisi yang menyiarkan TV Nasional dan Lokal dan k ala itu  masih sering meyiarkan pertandingan Sepak Bola Luar dan Dalam Negeri Yang sangatlah menarik sehingga ketika ada pertandingan maka WARKOP Full Boked untuk Nonton Bareng.
Persaingan bisnis WARKOP ddi Gresik semakin ganas dikarenakan pemainnya semakin banyak. Hamper setiap jengkal tanah di Gresik di dirikan yang namanya WARKOP he he…. Tapi….. Kebanyakan banyak pengunjungnya karena memang orang Gresik Ngopi Holic. Seiring perkembangan WARKOP muncul pula Warung lainnya yang juga seperti jamur di musim hujan yaitu Warung Internet ALIAS “ WARNET “ . tidak kalah dengan WARKOP, WARNET juga menjani daya tarik masyarakat Gresik dengan berbagai macam tujuan. Mulai dari kebutuhan kerja, pendidikan, dan hanya sekedar hiburan belaka. Sama dengan WARKOP, WARNET juga berlomba – lomba berebut konsumen dengan menawarkan layanan yang bervariatif mulai dari harga yang murah, kenyamanan tempat dsb…. . seiring dengan WARNET berkembang pula hiburan lainnya yaitu Game center dalam hal ini ada 2 macam yaitu Play Station dan Game Online Multiplayer.
WARKOP menangkap peluang itu dengan menyediakan Jasa Sewa Play Station di kolaborasikan dengan usaha WARKOP. Dan ternyata respon masyarakat Gresik Luar Biasa…… Hingga Saat ini. Teknologi terus berkembang munculah yang namanya “ WIFI “ ( Wireless Fidelity ) alias Jaringan Tanpa Kabel Yang Bisa di Pake Rame – Rame. Nah disinilah terdapat suatu peluang lagi yang bisa diambil pengusaha WARKOP. Dengan menawarkan  Akses Internet Gratis Via WIFI dengan pelanggan membawa gadget sendiri. Ternyata responx juga ruarrrr biasa…. Hingga saat ini. Dan… inilah Fenomena WARKOP di Gresik yang lain daripada yang lain yaitu…… APA YA ??? jawabannya adalah WARUNG PANGKU he he…….


Istilah pangku berawal dari konsumen yang mendapat layanan untuk memangku penjaga warung kira – kira begitu. Dan selanjutnya terserah anda….. gitu bunyi salah satu iklan parfum di televise he he….. . inilah yang menjadi perdebatan panjang tentang perkembangan WARKOP di Gresik. Ada pro dan kontra tentang keberadaan “ WARUNG PANGKU ” di Kota Gresik tercinta. Masing – masing punya pendapat yang saling menguatkan satu sama lainnya. Saya tidak akan masuk ke dalam perdebatan itu karena disini hanya sekedar bercerita tentang perkembangan  WARUNG KOPI di kota Gresik yang sudah me legenda seantero jagad he he….. . saya hanya bisa berdoa semoga Gresik bisa jadi lebih baik seiring perkembangan jaman dimana sekarang Gresik adalah Kota Santri “ KAWASAN INDUSTRI “ he he…. . yang tentunya akan banyak orang luar Gresik yang masuk ke kota Gresik dengan beraneka ragam background. Itu tidak jadi masalah yang penting bisa saling menghargai satu sama lain sehingga tercipta kondisi Kota Gresik yang semakin hari makin menjadi lebih baik. AMIIN… 
Seklumit tulisan diatas hanya sebuah gambaran sekilas pandang tentang Kota Gresik Tercinta semoga bermanfaat bagi kita semua……


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bundaran GKB Gresik

Bupati Pertama Gresik

Tradisi Maulid Nabi Di Gresik