Tradisi Maulid Nabi Di Gresik

         Maulid Nabi adalah peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW. Peringatan Maulid Nabi sebenarnya dirayakan oleh seluruh umat islam di dunia sebagai penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Akan tetapi di kota Gresik terdapat banyak keunikan dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Keunikan – keunikan itu antara lain dengan membaca sholawat nabi dan pujian – pujian kepada Nabi Muhammad SAW, dan didalam lokasi acara di gantung hadiah – hadiah yang akan perebutkan disaat para peserta berdiri untuk membaca sholawat. Hadiah yang disediakan sesuai dengan kemampuan panitia penyelenggara dan sifatnya bebas tidak ada ketentuan yang mengatur karena memang sifatnya sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Kalau sudah waktunya rebutan hadiah tidak mengenal yang namanya umur lagi mulai anak TK hingga orang yang sudah tua banget ikut berlomba untuk mengambil hadiahnya, tentu sudah bisa dibayangkan bagaimana serunya suasana saat itu.

          Selain berebut hadiah juga disediakan makanan yang berupa nasi, ketan, buah buahan, roti dll. Untuk dibawa pulang oleh para peserta dimana yang menyediakan adalah para peserta itu sendiri dan dibagikan dengan saling bertukar makanan. Selain dengan cara diatas ada juga diperingati dengan acara pengajian, yaitu dengan mengundang penceramah untuk datang ke tempat acara dan berceramah dengan tema Maulid Nabi. Ada juga di sebuah desa di Gresik yang cukup unik dalam memperingati Maulid Nabi yaitu di desa Klangonan Prapen kecamatan Kebomas. Disini acara Maulid Nabi diperingati selama 7 hari berturut – turut dengan tujuh mushola yang berbeda dan selalu di ikuti oleh seluruh warga satu desa dan sifatnya wajib datang. Ini merupakan suatu bentuk kerukunan dalam bermasyarakat yang di tuangkan dalam acara Maulid Nabi begitu penuturan salah satu warga Klangonan yang sempat saya Tanya kenapa kok sampe diadakan selama 7 hari berturut – turut. Kenapa 7 hari karena memang dalam satu desa ada 7 mushola dan setiap mushola punya jama’ah sendiri sehingga untuk menjaga kerukunan warga satu desa diwajibkan hadir dalam acara Maulid Nabi yang di adakan setiap mushola.
           Diatas adalah potret warga kota Gresik dalam memperingati acara Maulid Nabi Muhammad SAW  sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat bagi kita semua dan kita bisa tahu keanekaragaman budaya yang ada di nusantara tercinta ini. Dan salah satunya adalah tradisi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dikota Gresik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bundaran GKB Gresik

Bupati Pertama Gresik