Wisata Religi Sunan Giri

        Gresik terkenal dengan nama kota wali itu mungkin salah satu sebabnya adalah keberadaan makan Sunan Giri yang merupakan salah satu dari Wali Songo. Makam Sunan Giri terletak di pegunungan giri yang merupakan gunung kapur tidak aktif. Yang terletak tidak jauh dari pusat kerajaan Giri Kedaton sekitar hanya 1 KM. didalam lingkungan makam Sunan Giri juga terdapat makam para sesepuh kerajaan Giri Kedaton yang merupakan penerus pemerintahan dari Kanjeng Sunan Giri.
         Tidak jauh dari Makam Sunan Giri juga terdapat  Makam Sunan Prapen. Sunan Prapen adalah pewaris tahta kerajaan bernama Raden Fatichal alias Sunan Prapen (Raja Giri III), putra dari Sunan Dalem (Raja Giri II) sekaligus cucu Sunan Giri (Raja Giri I).
Sehingga, tak lengkap rasanya bagi para peziarah yang sedang berkunjung ke Sunan Giri jika tidak mampir ke makam Sunan Prapen yang berjarak hanya 200 m sebelah barat makam Sunan Giri. Tepatnya di Desa Klangonan, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.
Kerajaan Giri kedaton dijadikan kiblat kerajaan Islam yang ada di nusantara saat pemerintahan Sunan Prapen (1548-1605 M). kebesaran pemerintahan Sunan Prapen hingga berpengruh sampai ke Indonesia bagian Timur, seperti Hitu, Kalimantan, Sulawesi, Sumatera, dan Madura. Bahkan raja-raja kerajaan Pajang dan Mataram selalu minta restu ke Sunan Prapen untuk mendapatkan pengabsahan sebagai raja di tanah Jawa.
Sunan Prapen (1510-1605 M) memerintah kerajaan Giri Kedaton sejak berusia 46 hingga akhir hayatnya di usia 95, setelah menggantikan kedudukan kakaknya yang meninggal. Beliau juga terkenal sebagai seorang raja yang digdaya (sakit). Bahkan, dalam hal keagamaan, oleh tokoh-tokoh di luar agama Islam disertakan dengan Paus atau lebih dikenal dengan julukan Pausnya orang Islam Indonesia. Hal ini disebabkan Sunan Prapen memiliki wawasan keilmuan yang lengkap dan mumpuni.
        Namun sayang, pasca pemerintahan sunan Prapen kerajaan giri Kedaton kharismanya semakin pudar. Puncaknya, pemimpin kerajaan Giri Kedaton tidak lagi boleh bergelar Sunan atau Susuhan melainkan diganti dengan gelar Penembahan dan Paneran. Raja terakhir Giri Kedaton di bawah kepemimpinan Pangeran singosari (1725-1743 M).
Diatas sekilas perjalanan kerjaan Giri Kedaton, terlepas dari semua itu Wisata Religi Sunan Giri merupakan daya tarik tersendiri bagi para peziarah. Dimana banyak anggapan – anggapan dikalangan para peziarah bahwa ziarah ke Makam Sunan Giri akan mendapatkan sebuah barokah yang akan mereka terima dengan berziarah di Makam Sunan Giri. Oleh karena itu setiap hari ribuan orang yang berziarah ke Makam Sunan Giri. Dampak dari banyaknya para peziarah tiap harinya yaitu dari sisi perekonomian masyarakat disekitar Makan Sunan Giri.
        Dampaknya adalah banyak toko – toko disekitar makam yang menyediakan mulai dari makan siap saji hingga oleh – oleh untuk dibawa pulang yang pastinya khas daerah Giri pada khususnya dan Gresik pada umumnya. Selain itu di sekitar makam Sunan Giri juga terdapat jasa ojek motor yang siap melayani para peziarah dari terminal menuju makan Sunan Giri. Jadi para peziarah tidak usah khawatir jika mengunjungi makam Sunan Giri semua insya allah sudah tersedia dengan baik . Untuk lebih detailnya silahkan berkunjung sendiri ke Wisata Religi Sunan Giri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bundaran GKB Gresik

Bupati Pertama Gresik

Tradisi Maulid Nabi Di Gresik