Gresik Di Mata Seorang Pendatang

      Hidup di kota industri seperti kota Gresik adalah hal yag paling membosankan. Mungkin itu yang disarakan oleh hampir semua orang Gresik. Awalnya aku juga merasakan hal yang sama. Bosen banget, nggak ada mall, nggak ada starbug, nggak ada pizza hut, apalagi wahana rekreasi kayak waterpark ato mungkin bioskop ato apalah yang bisa bikin resfresing. Jadi berpikir ini kota ato desa ato mungkin desa yang dipaksakan jadi kota karena banyak industri di sini. Masak iya ada yang namaya desa industri yag ada kan kota industri. Hahaha…. Itu kalo menurut aku. Karena aku memang bukan orang gresik asli yang tau banget seluk-beluk kota Gresik. Yang aku tau hanya polusi udara di mana-mana, panas, tp fasilitas kota kayak Desa.
      Pendapatku itu diamini oleh banyak orang. Tapi sekarang aku bisa berkata lain tentang Kota Gresik. Okey… this is city!!! Tapi ini adalah kota yang unik banget.
Peradaban manusia benar2 unik di sini. Kota industry dengan penduduk yang masih memegang budaya dan warisan para wali ato tokoh agama yang udah meninggal. Di sini benar2 dijaga urusan ibadah. Warisan leluhur serta budaya masih terjaga utuh. Dan sekarang aku bisa berkata “ Gresik Kota Budaya” itu menurut pendapatku . Gila ini kota yang sibuk guys, ini kota dengan pendapatan daerah yang cukup besar. Tapi penduduknya masih menjaga agama mereka, kwalitas hubungan dengan Sang pencipta masih dijaga utuh. Inilah hebatnya GRESIK. It’s True.
       Itu tadi soal penduduk dan isi kota Gresik. Ini ada satu lagi hal menarik yang aku temukan di Kota Gresik. Urusan perut sob. Sumpah kalo urusan perut jangan kwatir. Di sini dijamin perut ente2 semua bakalan dipenuhi, n g hanya di perut doank tp juga di lidah. Ada daerah di kota Gresik yang mseti kalian semua datengi. Yup daerah dekat pasar Kota gresik,ada namanya daerah Trate, Korman, Kali Tutup pokoknye di sekitar Pasar Kota Gresik deh. Nih aku sebutin ya makanannya apa aja, tapi siap2 nelen ludah ya. Ada martabak usus, sate kelapa, nasi / lontong roomo, sego karak, nasi krawu, Rujak petis, itu baru sebagian nama2 makanan yang pernah aku rasakin dan rasanya ciamik banget. Dan semua makanan itu harganya seperlima harga makanan cepat saji guys. Sehat murah enak dan yang pasti kenyang guys.
      Aku pengen cerita pengalaman aku waktu pertama kali makan martabak usus. Waktu itu pas main ke rumah temen di daerah deket pasar Gresik. Pas di jalan kampong pandanganku tertuju pada seorang penjual yang duduk di pinggir jalan kampong tsb. Ada penggorengan, semangkuk besar bihun yang warnanya menggoda banget karena ada wortelnya di situ, sekilas aku udah bisa nebak itu penjual apa, dalam hati “pasti itu jualan martabak” tapi kenapa koq di meja jualan itu ada juga mangkuk berisi usus ayam yang kayaknya dibumbu kecap gitu. Dan yang bikin q tambah heran lagi ada juga baskom berisi tahu putih. Masak iya ada martabak mie tp pake usus dan (please guys ) tahu gitu, gimana tuh rasanya? Ya udah iseng2 aku mampir dan pesen 1 porsi martabak usus lengkap dengan tahunya. Dan bener perkiraanku semua bahan itu dijadikan satu dan dibungkus kulit martabak. Satu telor ditambahkan dalam kocokan bahan2 isi martabak. Walhasil seporsi martabak mie jumbo yang aku dapet. Dan setelah aku cobain ternyata rasanya “maut” ditambahkan dengan bumbu petis yang nendang banget. Lengkap deh perpaduan cita rasa martabak mie yg enak banget. Mulai dari situlah sampai sekarang aku adalah penggemar martabak usus. Dan mulai dari situlah aku terus penasaran dengan semua kuliner yang ada di kota Gresik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bundaran GKB Gresik

Bupati Pertama Gresik

Tradisi Maulid Nabi Di Gresik