Nasi Krawukan “ Krawu “ Gresik Punya

      Kalau mampir ke Gresik, selain beli oleh-oleh pudak, sempatkanlah untuk mencicipi nasi krawu. Bayangan anda krawu adalah nasi urap-urap, dengan lauk rebusan sayur-mayur dan bumbu kelapa parutan yang asin pedas plus gurih, ternyata keliru asumsi anda. Krawu menurut cerita berasal dari kata “krawukan”, artinya ambil nasi atau lauk dengan jari tangan langsung, tanpa alat bantu sendok atau lainnya.

      Nasi krawu Gresik mirip nasi langgi, yang khas kota Solo, sama-sama didominasi unsur daging, klintrek-klintrek-istilah Umar Kayam untuk menggambarkan masakan yang penuh minyak, lemak atau kaldu. Bahkan lauk utama nasi krawu adalah daging dan jerohan sapi yang dimasak semur. Disajikan di atas daun pisang, nasi krawu dimakan bersama daging sapi yang disuwir-suwir, jerohan dengan sambal terasi pedas pekat, dipadu sambal dari parutan kelapa yang biasa disebut srundheng.
      Khusus srundheng terdiri dari tiga macam. Yaitu krawu, abon dan mangot. Krawu berwarna merah pedas, abon berwarna kuning berasa manis. Sedangkan mangot adalah kelapa tidak diparut tetapi ditumbuk dicampur kluwak, rasanya gurih. Nasi krawu merupakan makanan khas dari daerah Gresik Makanan ini hampir dapat di temukan di setiap sudut kota gresik, karena banyaknya pengemar nasi krawu, di luar kota gresik pun nasi krawu dapat di temukan. Tak akan lengkap perjalanan wisata anda ke kota gresik tanpa mencicipi nasi krawu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bundaran GKB Gresik

Bupati Pertama Gresik

Tradisi Maulid Nabi Di Gresik