Gresik Kota Santri ???...


Kota Gresik mempunyai sebuah julukan yaitu Gresik Kota Santri, dinamakan Kota Santri Karena di Kota Gresik Terkenal dengan Masyarakat yang masih Religius ( taat beragama ) dalam hal ini mayoritas masyarakat Gresik memeluk Agama Islam. Berdasarkan itulah maka Kota Gresik Mendapatkan Julukan Yang Sangat Prestisius untuk di dengar telinga kita termasuk saya sebagai orang Gresik. Bagi saya ada rasa bangga sebagai orang Gresik karena mendapat julukan seperti itu, akan tetapi timbul tanda Tanya pada diri saya sendiri apakah benar Kota Gresik pantas mendapat julukan Kota Santri seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Okelah kalau kita menoleh ke belakang sejarah perjalanan Kota Gresik dari masa Ke masa memang memiliki sebuah sejarah yang bagus itu terbukti dengan banyaknya makam – makam para orang alim termasuk 2 anggota walisongo yaitu Syech Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri. Selain dari itu di Gresik juga terdapat pusat pendidikan ajaran agama Islam alias pesantren dan juga tempat – tempat ibadah umat Islam yang jumlahnya ribuan dan tergolong bangunan yang sangat bagus. Dari situ mungkin sudah bisa dilihat bagaimana perjalanan Religi masayarakat Gresik dari masa ke masa.
Seiring perkembangan jaman Kota Gresik Semakin Maju dengan berdirinya perusahaan – perusahaan kelas tempe sampai raksasa yang jumlahnya lebih dari 1000 biji menurut data yang saya ketahui. Dengan fakta yang seperti itu tentu menarik minat bagi orang diluar Gresik untuk berduyun – duyun mengadu nasib di Kota Gresik dengan harapan bisa memperbaiki taraf hidupnya. Itu sesuatu hal yang positif bagi Kota Gresik karena bisa bermanfaat bagi orang luar Gresik. Nah disinilah letak permasalahannya ketika banyak orang luar masuk ke Kota Gresik maka bergeser pula pola hidup dan pola pikir masyarakatnya menjadi sok modern dengan menanggalkan atribut – atribut asli dari masayakat Gresik yang sudah dibangun ratusan tahun oleh para sesepuh Gresik. Itu bisa dilihat dari gaya hidup masyarakat Gresik yang sudah berubah 180 derajat yang sudah tergerus oleh modernisasi dunia sehingga tidak menyadari akan adanya perubahan watak dari masyarakat Gresik sendiri. Saya tidak perlu menyebut satu persatu perubahan yang ada karena sudah ada disekitar kita orang Gresik setiap harinya dan mari kita saksikan sendiri.
Melihat dari fakta – fakta tersebut apa masih layak julukan Gresik Kota Santri ??? bisa iya bisa tidak . itu semua kembali kepada diri kita masing – masing untuk mengkoreksi apa yang sudah kita lakukan dalam perjalanan kita sebagai warga Gresik. Jangan sampai Gresik Kota Santri yang membikin kita bangga sebagai warga Gresik berubah menjadi Gresik Kota Kawasan Industri ( SanTri ) yang hanya memperhatikan factor kemajuan ekonomi dan meninggalkan norma – norma adat, budaya dan agama yang sudah terbangun sejak dahulu kala dikota Gresik tercinta Ini. Semoga Gresik Bisa Lebih Baik Lagi I Love Gresik….

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bundaran GKB Gresik

Bupati Pertama Gresik

Tradisi Maulid Nabi Di Gresik