Gardu Suling Gresik “Versi Saya Sajalah”


Gardu Suling Gresik, sebuah nama yang tidak asing dikota Gresik  tercinta ini. Banyak versi cerita sejarah tentang bangunan yang satu ini dan biarkan waktu yang akan menjawab kebenarannya seiring perkembangan jaman. Disini saya tidak ingin ikut berdebat tentang sejarah Gardu Suling yang sebenarnya akan tetapi saya ingin bercerita tentang apa yang saya ketahui tentang Gardu Suling Gresik Setahu Saya Sajalah. Langsung saja tanpa basa dan basi he he….. .

Semasa kecil ketika bulan suci ramadhan di saat imsak dan menjelang berbuka puasa saya selalu mendengar bunyi yang khas yang menandai waktu imsak tiba dan waktu berbuka puasa telah datang. Saat itu saya bertanya – Tanya pada diri saya sendiri darimana ya asal bunyi tersebut dan dari situlah muncul inisiatif untuk bertanya kepada orang tua saya. Setelah itu saya langsung menanyakan ke orang tua bunyi apakah itu dan darimana ???  munculah sebuah jawaban yang meluncur dari mulut orang tua saya itu bunyi suling, timbul pertanyaan lagi suling kok bunyinya keras sekali dan panjaaaaannggg da laamaaaa he he…. orang tua saya menjawab lagi itu bukan suling biasa tapi sebuah suling yang besar dan pakai listrik untuk menyalakanya. Dari jawaban yang saya dapat semakin bikin penasaran seperti apa bentuk suling yang besar itu??? . dan orang tua saya menjawab iya kapan – kapan diajak lihat ya…
Setelah mendapat jawaban itu saya sangat senang dan sudah tidak sabar untuk melihat langsung gimana bentuk suling raksasa itu. Dan tibalah pada suatu hari saya diajak jalan – jalan oleh orang tua saya untuk melihat bentuk suling raksasa tersebut. Dan setelah sampai di tempat saya bertanya lagi pasa orang tua saya suling kok kayak gini seperti tugu aja  trus dimana sulingnya ??? kemudian orang tua saya menjelaskan ini adalah Gardu Suling Gresik memang bentuknya seperti ini menjulang tinggi supaya suara suling bisa di dengar dari tempat yang jauh termasuk dari rumah kita. Dan letak suiingnya berada di atas Gardu Suling ini yang bunyinya menyerupai sirine. Setelah mendapat jawaban orang tua saya sangat puas dan lega rasanya karena rasa penasaran saya terobati sudah.
Sekilas cerita masa kecil saya tersebut sedikit menggambarkan bagaimana kondisi Gardu Suling Gresik saat itu dan apa fungsinnya. Dan sekarang yang jad pertanyaan Apa kabar Gardu Suling Gresik  saat ini ??? . Kenyataan yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir Gardu Suling Gresik sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya bahkan sengaja dibiarkan sebagai sebuah peninggalan sejaran yang tidak terawatt dengan baik. Dan tentunya sudah tidak difungsikan seperti ketika saya masih kecil dulu sekarang sudah digantikan oleh corong masjid jami’ Gresik sebagai pertanda imsak dan buka puasa dengan bunyi suara sirine Ambulance. Dan lebih mengenaskan lagi terakhir saya melihat disisi kanan kirinya terdapat papan reklame yang menemani dan di bagian bawah terdapat sebuah warung kopi. Sungguh sangat disayangkan sebuah peninggalan sejarah yang mempunyai nilai histori tinggi di biarkan begitu saja. Semoga kedepan PEMKAB Gresik  bisa memperhatikan nasib Gardu Suling Gresik sehingga bisa menjadi sebuah peninggalan yang terawat dan terjaga meski tidak harus dikembalikan fungsinya seperti sedia kala. Amin….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bundaran GKB Gresik

Bupati Pertama Gresik

Tradisi Maulid Nabi Di Gresik