WEP ( Wahana Expresi Pusponegoro ) alias Telogo Dendo

Telogo Dendo Gresik sebuah tempat yang cukup terkenal di Kota Gresik. Telogo yang dalam bahasa Indonesia berarti Telaga yaitu sebuah tempat penampungan air yang berasal dari aliran sungai ataupun juga dari air hujan. Dendo yang berarti sangsi yang berupa pembayaran uang. Jadi nama Telogo Dendo berarti sebuah tempat penampungan air yang bisa di denda jika melakukan pelanggaran aturan didalamnya. Begitu kira – kira arti secara bahasa menurut versi saya sendiri .
Disini saya akan bercerita tentang Telogo Dendo yang sekarang berubah nama menjadi WEP ( Wahana Expresi Pusponegoro ) menurut yang saya tau sebagai warga Kota Gresik. Dahulu tempat ini adalah sebuah telaga untuk menampung air yang mengalir dari curahan air hujan dan buangan limbah masyarakat.
Dan kemudian berubah fungsi menjadi lapangan multifungsi yang salah satunya untuk pertandingan sepak bola. Selain sepak bola juga biasa menjadi tempat pameran Gresik yang menampilkan perusahaan yang ada di Kota Gresik serta para pedagang kaki lima mulai dari produk pakaian, makanan, minuman dll.
Seiring perkembangan jaman yang semakin padatnya masyarakat Gresik timbul permasalahan baru. Yaitu banjir yang selalu terjadi disaat musim hujan tiba dan munculah sebuah pemikiran untuk menjadikan Telogo Dendo kembali sebagai tampat penampungan air untuk mengurangi banjir yang terjadi dikota Gresik. Dan tidak sekedar itu muncul jug aide untuk membangun sebuah tempat untuk menggelar acara pementasan dan sebagainya di tengah – tengah Telogo Dendo dan inilah yang diberi nama Wahana Expresi Pusponegoro ( WEP ). Wahana expresi dimaksudkan sebagai tempat berekspresi masayarakat Gresik melalui bermacam pagelaran dan Pusponegro adalah bupati pertama Gresik.
Itulah sekilas tentang Telogo Dendo alias WEP ( Wahana Expresi Pusponegoro ) menurut yang saya tau sebagai warga Gresik Aseli. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan Gresik semakin maju dan berkembang Amiiiinnn….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bundaran GKB Gresik

Bupati Pertama Gresik

Tradisi Maulid Nabi Di Gresik